Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Rumus Warna pada Excel

3 min read

Tutorial Cara Mengimplementasikan Rumus Warna Pada Microsoft Excel 2010, 2013, 2016, Dan Office 365 Paling Gampang

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dalam dunia akuntansi, pencatatan dan perhitungan. Ms. Excel dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti membuat rekap nilai siswa misalnya. Ketika kita membuat rekap nilai tersebut, tentu ada kolom nama siswa, serta nilainya. Pernahkah kalian menginginkan untuk mewarnai kolom menjadi merah untuk tiap nilai yang berada di bawah KKM? jika iya, melalui artikel ini, admin akan mengulas bagaimana cara menggunakan rumus warna pada Excel sesuai kriteria yang kita inginkan.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai pewarnaan sel secara dinamis ini, admin punya info menarik nih. Buat teman teman yang ingin tahu bagaimana cara mengubah huruf kecil ke huruf besar di Microsoft Excel, admin telah membuat artikelnya lhoh. Info lengkapnya bisa dilihat melalui link di bawah paragraf ini yah:

Baca Juga: Cara Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Kapital Menggunakan Rumus di Ms. Excel

Rumus Warna pada Microsoft Excel

Sebenarnya, ketika kita ingin mengubah warna Microsoft Excel tidak menyediakan rumus merubah warna “secara langsung”. Cara paling mudah untuk merubah warna ialah dengan klik cell yang ingin diubah, lalu kita bisa memilih Fill Color. Cara manual ini sangat berguna apabila data yang digunakan hanya sedikit. Namun, ketika jumlah data yang ingin kita ubah tersebut sangatlah banyak, cara manual ini tidaklah efektif.

Ada banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mengubah warna sel di Microsoft Excel sesuai keinginan kita. Dalam penerapannya, ada 2 macam perubahan warna di Ms. Excel:

  1. Secara Statis: Merupakan cara standar untuk mengubah warna sel di Ms. Excel.
  2. Secara Dinamis: Merupakan cara untuk mengubah warna sel di Ms. Excel secara otomatis.
Contoh Penerapan Rumus Warna Di Microsoft Excel Dalam Rekap Nilai Mata Pelajaran
Contoh Penerapan Rumus Warna Di Microsoft Excel Dalam Rekap Nilai Mata Pelajaran

Ketika teman teman mengubah warna menggunakan opsi pertama, maka seluruh data tersebut hanya akan berubah satu kali saja. Jika salah satu nilai rapor di data tersebut diubah menjadi di bawah KKM misalnya, maka warnanya akan tetap sama.

Namun ketika teman teman menggunakan opsi kedua, maka ketika nilai diubah, secara otomatis warna selnya juga akan berubah. Warna tersebut akan disesuaikan dengan kriteria yang telah kita tentukan.

Lalu lebih baik menggunakan cara pertama atau kedua? Kalau saran admin, sebaiknya menggunakan cara kedua yah. Namun, kalau data milik teman teman hanya sebatas “sekali pakai”, maka tidak ada salahnya menggunakan cara pertama.

Baca Juga: Cara Membuat Perkalian Matriks di Microsoft Excel dengan Mudah

A. Mengubah Warna secara Statis

Cara pertama yaitu dengan mengubah warna sel di Excel secara statis. Untuk mencoba menerapkan fitur ini, mari kita gunakan data rekap nilai mata pelajaran. Misalnya kita akan memberi warna hijau untuk nilai 90 ke atas. Berikut langkah langkah untuk merubah warna di Microsoft Excel secara statis menggunakan fitur find & replace:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Buatlah data rapor nilai siswa yang memiliki 5 kolom (Nomor, Nama Siswa, Nilai Tugas, Nilai UTS, Nilai UAS)
  3. Isilah minimal 5 data di kolom tersebut secara acak.
  4. Seleksi seluruh data dengan cara ketik Ctrl + A
  5. Buka fitur Find & Replace dengan cara ketik Ctrl + F lalu pilih tab Replace. Atau cara panjangnya bisa klik Home pada menu bar, lalu tekan Find & Select, kemudian pilih Find.
  6. Pada kolom Find What, isikan dengan 9? (akan mencari nilai 9x, x merupakan nilai apapun dibelakang 9), lalu tekan Find All
  7. Selanjutnya tekan Ctrl +A, lalu tekan Close
  8. Klik kanan di lembar kerja, lalu tekan Font Color, lalu ubah menjadi warna Hijau
Langkah 1 - Membuat dan Menyeleksi Tabel Rekap Nilai Siswa
Langkah 1 – Membuat dan Menyeleksi Tabel Rekap Nilai Siswa
Langkah 2 - Gunakan Fitur "Find" pada Microsoft Excel, Lalu Cari "9?"
Langkah 2 – Gunakan Fitur “Find” pada Microsoft Excel, Lalu Cari “9?”, kemudian Tekan Cancel
Langkah 3 - Beri Warna Hijau pada "Font Color"
Langkah 3 – Beri Warna Hijau pada “Font Color”

Cara kerja bagian pertama ini ialah dengan mencari nilai 90 keatas, selanjutnya kita akan memberi warna secara manual pada cell hasil pencarian tersebut. Bagaimana? sudah faham?

Kekurangan dari cara ini yaitu ketika nilai diubah, maka warnanya akan tetap sama. Hal ini sangat mengganggu, apa lagi jika file rekap nilai ini bersifat dinamis, dan akan berubah ubah.

B. Mengubah Warna secara Dinamis

Kekurangan dari bagian pertama tadi, dapat kita selesaikan menggunakan bagian kedua ini. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kita bisa menggunakan fitur Conditional Formatting. Dengan memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Microsoft Excel tersebut, kita tidak perlu repot untuk mengatur warna secara manual.

Jika diterapkan menggunakan studi kasus yang sama pada bagian pertama tadi, maka caranya akan seperti berikut. Oke, tanpa basa basi, berikut cara mengimplementasikan rumus warna pada Excel secara dinamis menggunakan conditional formatting:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Buatlah data rapor nilai siswa yang memiliki 5 kolom (Nomor, Nama Siswa, Nilai Tugas, Nilai UTS, Nilai UAS)
  3. Isilah minimal 5 data di kolom tersebut secara acak.
  4. Seleksi isi kolom Nilai Tugas, Nilai UTS, dan Nilai UAS
  5. Klik Home pada menu bar, kemudian tekan Conditional Formatiing, lalu pilih New Rule
  6. Pada bagian paling atas, pilih Format Only Cells that Contains
  7. Lalu pada bagian berikutnya (format only cells with:), pilih Cell Value, lalu pilig juga greater than, kemudian masukkan 89
  8. Kemudian tekan Format
  9. Pada bagian Color, pilih warna Hijau, lalu tekan Ok
  10. Tekan Ok
Langkah 1 - Buat Rule Baru pada Conditional Formatting
Langkah 1 – Buat Rule Baru pada Conditional Formatting
Langkah 2 - Menentukan Format Penulisan sesuai yang Kita Inginkan
Langkah 2 – Menentukan Format Penulisan sesuai yang Kita Inginkan
Hasil dari Cara Mudah Membuat Rumus Warna Dinamis Menggunakan Ms. Excel
Hasil dari Cara Mudah Membuat Rumus Warna Dinamis Menggunakan Ms. Excel

Untuk mencoba apakah langkah ini berhasil, cobalah untuk mengubah nilai sel menjadi lebih dari 90, atau sebaliknya. Jika cara ini berhasil, maka seharusnya ketika kita mengubah nilai menjadi lebih dari 90, maka secara otomatis warna font akan berubah menjadi hijau. Sebaliknya, jika kita mengubah nilai yang semula berwarna hijau, menjadi kurang dari 90, maka warna fontnya akan berubah menjadi hitam.

Baca Juga: Cara Mudah Menerapkan Rumus Diskon di Ms. Excel

Bagaimana? mudah bukan? jika ada kendala, bisa langsung ditanyakan melalui kolom komentar di bawah yah.

Sekian bahasan admin mengenai cara merubah warna tulisan di excel dengan rumus manual dan otomatis. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.