Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Rumus VLookup di Microsoft Excel

3 min read

Tutorial Cara Menggunakan Rumus Vlookup Di Microsoft Excel Terlengkap Dan Paling Mudah

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang banyak digunakan, terutama di bidang akuntansi dan pencatatan yang berbasis angka. Selain karena aplikasi ini terbilang cukup user friendly, juga karena Ms. Excel memiliki beragam fitur dan rumus. Diantara rumus yang paling sering digunakan ialah VLookup dan HLookup. Di artikel kali ini, admin akan mengulas bagaimana cara menggunakan rumus VLookup Excel dari yang paling mudah hingga yang rumit.

Namun, sebelum membahas lebih detail mengenai penggunaan fungsi VLookup di Microsoft Excel, admin ada info menarik nih. Buat kalian yang ingin mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital di Ms. Excel, bisa langsung dilihat melalui link di bawah paragraf ini yah:

Baca Juga: Rumus Mengubah Huruf Kecil menjadi Huruf Kapital, atau Sebaliknya di Ms. Excel

Rumus VLookup di Microsoft Excel

Microsoft Excel menyediakan beberapa fungsi untuk mengambil isi dari tabel berbeda, atau biasa kita kenal dengan Looku. Pada fungsi Lookup sendiri, terdapat Lookup, XLookup, HLookup, dan VLookup. Di artikel kali ini, admin akan mengulas secara mendalam mengenai fungsi VLookup (Vertical Lookup) yah.

Buat teman teman yang belum tau, VLookup adalah fitur pada Ms. Excel yang biasa digunakan untuk mengambil nilai dari tabel lain yang memiliki bentuk vertikal (judul kolom berada di paling atas). Umumnya, saat kita membuat tabel, peletakan judul kolom berada di atas, dibanding di sisi kiri. Karenanya penggunaan VLookup lebih banyak, dibanding HLookup.

A. Dasar Penggunaan Vertical Lookup

Untuk menggunakan VLookup, kalian perlu menuliskan rumus berikut:

=VLOOKUP(Nilai_Dicari; Tabel_Referensi; No_Kolom; Value)

Keterangan:

  • Nilai_Dicari = Berisi sel yang akan dicari nilainya
  • Tabel_Referensi = Merupakan tabel referensi yang biasanya diisikan dengan range tabel referensi)
  • No_Kolom = Merupakan urutan kolom yang dihitung dari kiri
  • Value = rumus vlookup value ini dapat diisi dengan TRUE/FALSE. Value sendiri merupakan kriteria pencarian pada Lookup. False pada VLookup, digunakan untuk mencari nilai yang sama persis. Sedangkan True, digunakan untuk mencari nilai yang serupa (tidak sama persis).

Menggunakan VLookup Sederhana

Untuk mempermudah pemahaman teman teman, admin akan mencoba membuat contoh vlookup dalam bentuk studi kasus. Misalnya kita akan membuat tabel daftar nilai rapor. Di dalam file excel kita, terdapat 2 tabel, yaitu tabel Nilai Matematika sebagai tabel referensi, serta Tabel Rapor. Berikut tutorial implementasi VLookup di Microsoft Excel:

  1. Buka aplikasi Ms. Excel terlebih dahulu, lalu buat dokumen baru.
  2. Buatlah tabel pertama yang berjudul “Nilai Matematika”, yang terdiri dari 2 kolom, yaitu Nomor Absen dan Nilai.
  3. Buatlah tabel kedua yang berjudul “Tabel Rapor”, yang terdiri dari 6 kolom, yaitu nomor absen, nama, nilai matematika, nilai biologi, nilai fisika, dan nilai kimia.
  4. Pada tabel pertama, isilah keseluruhan kolom
  5. Sedangkan pada tabel kedua, isilah 2 kolom saja, yaitu kolom nomor absen dan nama saja.
  6. Di tabel kedua, pada kolom “Nilai Matematika” masukkan rumus VLookup, yaitu: =VLOOKUP(D3;A2:B7;2;FALSE)
1 - Cara Menerapkan Rumus Vlookup Di Microsoft Excel
1 – Buatlah 2 Tabel Terlebih Dahulu, lalu Masukkan Rumus VLookup di Excel pada Tabel Kedua
Cara Menerapkan Rumus VLookup di Microsoft Excel
Cara Menerapkan Rumus VLookup di Microsoft Excel

NOTE: Untuk cara copy rumus vlookup berbeda tidak hanya kopi paste nilai saja yah. Kalian perlu menambahkan dollar ($), di depan range tabel referensi. Untuk lebih jelasnya, teman teman bisa melihat contoh rumus VLOOKUP di gambar diatas yah (ada di kotak merah)

Bagaimana? Sudah faham atau belum? Jika sudah, cobalah untuk berlatih lagi. Sekarang, buatlah 3 tabel tambahan, yang berjudul “Nilai Biologi”, “Nilai Kimia, serta “Nilai Fisika”. Selanjutnya, pada tabel “Daftar Nilar Rapor”, isikan kolom yang kosong menggunakan rumus VLOOKUP.

Sudah selesai? Jika belum, rumusnya telah admin sertakan pada gambar di bawah yah. Kalau sudah berhasil, maka tampilannya akan seperti gambar berikut:

Tampilan Hasil Penggunaan Rumus Vlookup
Tampilan Hasil Penggunaan Rumus Vlookup

Baca Juga: Cara Mengimplementasikan Perkalian Matriks di Excel dengan Mudah

B. Rumus VLookup Excel Tingkat Advance

Sebenarnya fungsi VLookup sangatlah banyak, tak terbatas seperti gambar diatas saja. Lalu apa saja yang bisa kita kembangkan dari rumus VLookup ini? Berikut beberapa contoh penggunaan rumus Excel untuk kasus tertentu.

Implementasi VLookup Beda Sheet

Bisakah kita membuat VLookup di Microsoft Excel dengan lokasi sheet yang berbeda? Jawabannya “tentu bisa”. Untuk mempermudah pemahaman, kita akan membuat contoh rumus VLookup beda sheet dengan studi kasus “Pembuatan Nilai Rapor” di Microsoft Excel.

Namun, kali ini akan sedikit berbeda dengan tutorial diatas yah. Perbedaannya sendiri ada pada langkah ke 6. Untuk bisa memanggil tabel referensi yang ada di sheet lain, kita perlu membuat mendeklarasikan nama tabel. Berikut tutorial implementasi rumus VLookup beda sheet di Microsoft Excel:

  1. Buka aplikasi Ms. Excel, lalu klik “New Document”
  2. Pada sheet pertama, buatlah tabel berjudul “Rekap Nilai Rapor”, yang berisi 6 kolom (nomor absen, nama, nilai matematika, nilai biologi, nilai kimia, dan nilai fisika)
  3. Buatlah tabel referensi pada sheet kedua, ketiga, keempat, dan kelima, yang masing masing berjudul “Nilai Matematika”, “Nilai Biologi”, “Nilai Kimia”, dan “Nilai Fisika” yang berisi 2 kolom (nomor absen, dan nilai)
  4. Pada sheet pertama, isilah 2 kolom, yaitu kolom nomor absen, dan kolom nama.
  5. Pada sheet kedua, ketiga, keempat, dan kelima, isilah seluruh kolom yang ada.
  6. Deklarasikan nama tabel yang ada di sheet kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Caranya dengan seleksi data di tabel terlebih dahulu, lalu klik kanan, dan pilih Define New Name.
  7. Berikan nama yang unik, misal “mtk” untuk tabel di sheet kedua, serta “biologi”, “kimia”, “fisika” pada tabel di sheet ketiga, keempat, dan kelima.
  8. Selanjutnya mari mengisi rumus VLookup pada “sheet pertama”. Pertama, klik pada kolom “Nilai Matematika”, lalu masukkan rumus berikut: =VLOOKUP(A3;mtk;2;FALSE)
  9. Cobalah untuk mengisi kolom Nilai Biologi, Nilai Kimia, Nilai Fisika secara mandiri yah
1 - Buatlah 5 Sheet yang Berisi 5 Tabel (Rekap, Nilai Mtk, Bio, Kimia, Fisika)
1 – Buatlah 5 Sheet yang Berisi 5 Tabel (Rekap, Nilai Mtk, Bio, Kimia, Fisika)
Cara Membuat Nama Tabel Untuk Vertical Lookup
2 – Deklarasikan Nama Tabel pada Sheet 2, Sheet 3, Sheet 4, dan Sheet 5
Cara Menggunakan Rumus VLookup Beda Sheet di Ms. Excel
Cara Menggunakan Rumus VLookup Beda Sheet di Ms. Excel

Di artikel berikutnya, admin akan mengulas rumus vlookup left, rumus vlookup bertingkat,

Baca Juga: Tutorial Rumus Diskon di Microsoft Excel

Bagaimana? ada kesulitan dalam memahami artikel ini? Jika ada pertanyaan, bisa banget langsung tulis di kolom komentar yah.

Sekian bahasan admin mengenai cara cepat belajar rumus VLookup dari yang paling mudah hingga tingkat advance. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.