Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Rumus Excel Tidak Berfungsi

2 min read

Kenapa Rumus Excel Tidak Berfungsi Berikut Cara Mudah Mengatasi Rumus Yang Error Dan Tidak Berfungsi Dengan Baik

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi perhitung yang cukup populer. Untuk memudahkan penggunanya, Microsoft Corporation menyediakan banyak rumus di aplikasi tersebut. Namun, yang namanya sistem, tentu bisa salah dan error. Karenanya, melalui artikel ini admin akan mengulas apa saja yang menyebabkan rumus excel tidak berfungsi, serta bagaimana cara mengatasinya.

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang artikel ini, admin punya info menarik nih. Buat kalian yang ingin tahu bagaimana perkalian matriks di Excel, bisa langsung cek pada link di bawah ini.

Baca Juga: Rumus Perkalian Matriks di Microsoft Excel

Rumus Excel Tidak Berfungsi

Rumus di Microsoft Excel bukan hanya digunakan untuk operasi matematika saja. Saat ini, Microsoft Corporation telah menyediakan banyak rumus dengan segudang fungsi. Mulai dari mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil, mengubah angka menjadi terbilang, dan lain sebagainya.

Keseluruhan rumus tersebut tentunya sangat membantu kita. Namun, pernahkan kalian menjumpai error ketika menggunakan rumus tersebut? Jika iya, berikut akan admin sebutkan beberapa contoh kasus beserta cara mengatasinya.

A. Mengapa Rumus Excel Tidak Berfungsi?

1. Penyebab Rumus Excel Tidak Bekerja dengan Baik

Sama seperti fitur lainnya, fitur Rumus Excel bisa mengalami error. Setidaknya terdapat 4 masalah yang paling sering ditemukan. Berikut 3 penyebab rumus excel tidak berfungsi Value:

  1. Tidak diawali dengan simbol sama dengan (=)
  2. Adanya kesalahan penulisan
  3. Belum mengaktifkan fitur Automatic Calculation (contoh: hasil sum excel 0)
  4. Adanya Circular Reference

2. Solusi untuk Mengatasi Masalah Tersebut

Jika kalian mengalami masalah ketika menjalankan rumus excel, teman teman bisa langsung cek ke empat poin diatas. Untuk mengatasi masalah error pada rumus Excel, kalian bisa mengikuti langkah langkah berikut.

  1. Pastikan rumus yang kamu tulis, sudah diawali dengan simbol sama dengan (=)
  2. Pastikan penulisan (baik tanda koma, titik koma, ataupun tanda kurung) sudah sesuai dengan rumus yang ada.
  3. Pastikan sudah mengaktifkan fitur Automatic Calculation. Biasanya ketika fitur ini belum diaktifkan, maka hasil penjumlahan excel selalu nol. Caranya dengan klik Formulas pada Menu Bar, lalu klik Calculation Options, kemudian klik pilihan Automatic.
  4. Pastikan sudah memasukkan range cell (penulisan alamat sel) dengan tepat. Error Circular Reference biasanya terjadi ketika ada penumpukan rumus. Karena itu, pastikan penulisannya tidak bertabrakan antar satu rumus dengan rumus lainnya.
Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi Akibat Fitur Automatic Calculation Belum Diaktifkan
Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi Windows 10 Akibat Fitur Automatic Calculation Belum Diaktifkan

B. Contoh Beberapa Kasus Rumus Excel yang Error

Selain 4 hal di atas, sebenarnya masih banyak penyebab masalah lain. Dengan kata lain, jika kamu sudah mengikuti solusi diatas, namun masih terdapat pesan error, maka kemungkinan besar ada penyebab lainnya.

Berikut admin sertakan beberapa contoh error di Microsoft Excel, beserta cara mengatasinya.

1. Mengatasi #VALUE!

Jika kamu menuliskan rumus, lalu muncul tulisan #VALUE! pada sel tersebut, maka kemungkinan besar error tersebut diakibatkan oleh kesalahan penulisan. Lebih tepatnya, karena kamu menuliskan spasi, huruf, ataupun kata di dalam rumus yang seharusnya berisi angka. Selain itu, pesan error ini juga disebabkan jika terdapat 1 kolom kosong yang masuk dalam rumus.

Contoh Error Value Pada Microsoft Excel
Contoh Error Value Pada Microsoft Excel

Untuk mengatasi formula excel tidak menampilkan hasil dan hanya bertuliskan #VALUE!, cukup mudah. Kamu perlu mencocokkan apa yang ditulis dengan rumus. Pastikan sudah sesuai, dan tidak ada kesalahan penulisan.

2. Mengatasi ####

Jika kalian menemukan simbol #### di sisi kanan sel, maka jangan khawatir. Penyebabnya cukup sederhana, biasanya karena sel tersebut memiliki ukuran yang sempit.

Cara Mengatasi Error #### Pada Microsoft Excel
Cara Mengatasi Error #### Pada Microsoft Excel

Untuk cara mengatasi rumus excel yang error ####, kamu hanya perlu memperbesar ukuran kolom tempat pada sel tersebut. Untuk memperbesar kolom, bisa dilakukan dengan cara klik kolom (huruf di bagian atas tabel), lalu klik kiri pada garis pembatasnya, kemudian tarik ke arah kanan secara perlahan.

3. Mengatasi #DIV/0!

Error #DIV/0! biasanya diakibatkan oleh adanya bilangan nol (0) sebagai pembagi. Atau juga bisa terjadi ketika sel pembagi yang kita masukkan, tidak ada nilainya.

Contoh Error #DIV/0! pada Microsoft Excel
Contoh Error #DIV/0! pada Microsoft Excel

Untuk mengatasi rumus excel 2016 tidak berfungsi, dan hanya menampilkan error #DIV/0! cukup mudah. Kalian hanya perlu memastikan bahwa nilai pembaginya bukan 0 (nol) atau kosong (tidak bernilai).

4. Mengatasi #REF!

Pesan error berikutnya, sekaligus yang paling sering kita temui yaitu #REF!. Jika kalian menemukan pesan error ini, kemungkinan besar karena mereferensikan sebuah sel yang tidak valid. Kasus yang paling sering terjadi yaitu ketika kita copy paste rumus.

Contoh Error Ref Pada Microsoft Excel
Contoh Error Ref Pada Microsoft Excel

Untuk mengatasi error #REF! sendiri cukup mudah. Klik sel yang bertuliskan #REF!, lalu periksa rumus (terutama di bagian sel). Setelah itu, perbaiki penulisannya.

Baca Juga: Cara Mudah Menerapkan IF Bertingkat di Excel

Admin kira itu saja yang bisa disampaikan mengenai rumus excel tidak berfungsi kenapa dan cara mengatasinya. Jika ada pesan error lainnya, bisa langsung ditanyakan melalui kolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share, dan semoga bermanfaat.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.