Cara menghitung diskon di excel merupakan cara yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi jika mengetahui rumus diskon excel. Dengan rumus tersebut, kita dengan mudah mengetahui harga asli, harga diskon, dan harga setelah diskon. Untuk rumus diskon sendiri ada beberapa bentuk seperti rumus diskon excel if, rumus diskon excel bertingkat, rumus diskon excel bersyarat, dan lain sebgaianya.

Nah kali ini admin akan membahas cara menghitung potongan persen di excel. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menentukan diskon di excel, sebaiknya kalian membaca informasi dibawah ini terlebih dahulu:

Baca Juga: Rumus Pengurangan di Excel Termudah

Cara Menghitung Diskon Excel

Dalam kehidupan sehari hari ketika kita mengunjungi mall atau toko-toko, seringkali kita melihat tulisan diskon untuk barang barang tertentu misalnya saja sepatu, baju, tas, produk kecantikan, produk elektronik dan lain sebagainya. Diskon yang ditawarkan pun beragam mulai dari diskon 5% hingga diskon 97% yang mana dilakukan untuk menarik minat pembeli agar membeli produk tersebut.

Oleh karena itu kita membutuhkan alat agar tidak repot untuk menghitung diskon tersebut, salah satunya menggunakan microsoft excel. Tidak usah berlama lama, simak informasinya dibawah ini.

Rumus Diskon Excel Termudah

Microsoft excel merupakan salah satu alat yang digunakan untuk perhitungan, banyak fungsi dan rumus yang ada di dalam excel guna mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya menghitung rumus diskon.

Agar lebih mudah memahami, langsung ke contoh soal saja ya. Berikut contoh soalnya:

Harga asli laptop adalah Rp 5.750.000, karena toko tersebut baru dibuka maka laptop terebut mendapat potongan harga sebesar 20%. Lalu berapa harga yang harus kalian bayar untuk membeli laptop tersebut?

Keterangan:

  • Besar Diskon adalah jumlah diskon yang didapatkan. Cara menghitungnya yaitu (harga asli x harga diskon) atau =A2*B2.
  • Harga setelah diskon adalah harga akhir setelah harga asli dikurangi besar diskon. Cara menghitungnya yaitu (harga asli – besar diskon) atau =A2-C2 atau =A2-A2*B2.

Rumus Diskon Excel Bersyarat

Diskon bersyarat artinya jika pembelian semakin banyak maka potongan harga yang didapatkan akan semakin banyak pula.

Contoh soal:

Jika pembeli akan mendapatkan diskon sebesar 10% apabila jumlah total belanjanya dibawah 1.000.000. Jika jumlah total harga belanja antara 1.000.000 sampai 10.000.000 maka akan mendapatkan diskon sebesar 15%. Jika jumlah total harga belanja melebihi 10.000.000 maka akan mendapatkan diskon sebesar 25%.

Untuk menghitung diskon bersyarat di excel,kalian harus menggunakan fungsi if. Berikut rumusnya:

=IF(D9<1000000,D9*D1,IF(D9<=10000000,D9*D2,D9*D3))

Berikut keterangan dari hasil diatas:

  1. D9*D3 adalah nilai pada sel D9 yang mana tidak memenuhi logical_test pertama dan logical_kedua maka kalikan nilai di sel D9 dengan nilai di sel D3 dan tempatkan nilainya pada sel D10.
  2. IF(D9<10000000,D9D2 adalah apakah isi dari sel D9 < 10.000.000 ? jika benar maka kalikan nilai di sel D9 dengan nilai di sel D2 dan tempatkan nilainya di sel D10.
  3. IF(D9<1000000,D9D1 adalah apakah isi sel D9 < 1.000.000 ? jika benar maka kalikan nilai di sel D9 dengan nilai di sel D1 dan tempatkan nilainya di sel D10.

Rumus Diskon Excel Menggunakan VLOOKUP

Apa itu fungsi VLOOKUP di excel? fungsi VLOOKUP biasanya digunakan untuk data table_array (berupa range yang berdekatan). Misalnya contoh dibawah ini:

untuk menyelesaikan perhitungan diatas, membutuhkan 2 fungsi VLOOKUP.

Fungsi VLOOKUP pertama:

=IF(ISNA(VLOOKUP(E9,$A$3:$C$4,3,FALSE)),”V2″,”V1″)

Fungsi VLOOKUP kedua:

=IF(ISNA(VLOOKUP(E9,$A$3:$C$4,3,FALSE))
,VLOOKUP(E9,$E$3:$G$4,3,FALSE)
,VLOOKUP(E9,$A$3:$C$4,3,FALSE))

Maka hasilnya akan seperti dibawah ini:

Cukup sekian informasi yang dapat admin berikan, terima kasih telah membaca artikel hingga akhir. Jika ada pertanyaan atau saran dapat tinggalkan pesan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

About the Author

Nurin Maula

Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

View All Articles