Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Perkalian Matriks di Excel

2 min read

Tutorial Perkalian Matriks Di Excel Paling Mudah 100% Pasti Bisa

Perkalian Matriks di Excel – Bingung bagaimana cara mengoperasikan Matriks di Microsoft Excel? Sebenarnya untuk mengoperasikan matriks secara manual, bisa bisa saja. Tapi, kalau ukuran matriks sudah 3×3 atau lebih, apalagi kalau bilangannya sudah ratusan, bahkan lebih dari itu, tentu penggunaan Ms. Excel sangatlah membantu bukan? Jika kalian belum faham sama sekali tentang penggunaan Ms. Excel, jangan khawatir. Melalui artikel ini, admin akan mengulas bagaimana cara termudah memahami dan mengerjakan perkalian matriks di Excel, baik untuk versi 2010, 2013, 2016, dll.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai perkalian matriks di Microsoft Excel, ada info menarik tentang rumus pengurangan Excel nih. Info lengkapnya admin sertakan pada link di bawah paragraf ini yah:

Baca Juga: Rumus Pengurangan pada Ms. Excel

A. Mengenal Operasi Matriks

Tentu teman teman sudah faham dengan apa itu matriks bukan? Nah, untuk operasi matriks sendiri sangatlah beragam. Mulai dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan masih banyak lagi. Operasi matriks menggunakan excel dapat menyelesaikan seluruh perhitungan tersebut dengan mudah dan cepat. Namun di artikel ini, admin akan memfokuskan bahasan pada perkalian matriks saja yah.

Umumnya, perkalian matriks didapatkan dari “penjumlahan hasil kali antara baris di matriks 1 dengan kolom di matriks 2”. Jika teman teman lihat pada gambar di bawah, huruf “a” dan “b” merupakan baris di matriks pertama. Sedangkan huruf “e” dan “g” merupakan kolom di matriks kedua. Penjumlahan antara hasil kali tersebut, menghasilkan baris pertama kolom pertama. Masih bingung? jika iya, teman teman bisa mulai memahami melalui gambar di bawah.

Rumus Operasi Perkalian Matriks 2x2
Rumus Operasi Perkalian Matriks 2×2

Untuk cara perkalian matriks 3×3, 4×4, dan matriks lainnya tetap sama saja yah. Yaitu dengan menjumlahkan hasil kali baris matriks pertama dengan kolom matriks kedua.

Baca Juga: Cara Membuat Heading di Microsoft Word

B. Perkalian Matriks di Excel

Jika sudah faham tentang operasi perkalian antar matriks, teman teman bisa mengerjakan secara manual. Namun ada cara yang lebih mudah, yaitu memanfaatkan Microsoft Excel dalam mengalikan matriks.

Microsoft Excel telah menyediakan fungsi khusus untuk perkalian antar matriks. Fungsi tersebut ialah “MMULT” (mmult excel formula). Rumus tersebut juga bisa teman teman gunakan sebagai matriks kompetensi excel. Namun, di artikel ini, admin akan memfokuskan pembahasan hanya pada perkalian matriks saja yah. Berikut cara menghitung perkalian matrik di excel dengan mudah:

1. Perkalian Antar Matriks 3×3

Untuk perkalian antar matriks 2×2 sama saja yah dengan matriks 3×3 berikut. Berikut tutorial cara mengoperasikan matriks di Excel:

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Buat 2 matriks yang berbeda
  3. Gunakan fungsi MMULT(matriks1;matriks2)
  4. Lalu tekan enter
  5. Selesai.

Pada langkah 2, teman teman bisa membuat 2 matriks, masing masing berisi 3 kolom dan 3 baris. Setelah itu, pindahkan kursor ke lokasi hasil perkalian matriks, kemudian ketiikan MMULT(matriks1;matriks2). Kata matriks1 dapat teman teman ubah dengan cara blok seluruh matriks 1. Kemudian matriks2 dapat teman teman isi dengan cara blok seluruh matriks 2. Setelah keduanya diisi, jangan lupa akhirir dengan tanda tutup kurung kemudian tekan enter. Viola hasil perkalian matriks di Excel sudah jadi.

Rumus Fungsi Matriks: = MMULT(matriks1;matriks2)

Jika teman teman kurang faham, berikut screenshoot lengkapnya. Langkah pertama yaitu membuka Microsoft Excel terlebih dahulu. Selanjutnya buatlah 3 buah matriks, yaitu matriks 1, yang akan dikalikan dengan matriks 2. Serta 1 buah matriks untuk menempatkan hasil perkalian.

Siapkan 3 Buah Matrik Yaitu Matrix 1 Matrix 2 Serta Matrix Hasil Kali (yang Masih Kosongan)
Siapkan 3 Buah Matrik Yaitu Matrix 1 Matrix 2 Serta Matrix Hasil Kali (yang Masih Kosongan)

Jika sudah, klik pada kolom pertama baris pertama di Matriks Hasil Perkalian. Setelah itu, masukkan rumus perkalian matriks di excel: =MMULT(. Selanjutnya blok bagian matriks 1 (tanpa judul). Setelah itu, masukkan tanda titik koma (;), kemudian blok lagi matriks 2 (tanpa judul). Langkah terakhir tambahkan tanda tutup kurung. Lalu tekan enter.

Rumus Perkalian Matriks Di Excel Terbaru Untuk Versi 2010 2013 2016 Dan Office 365
Rumus Perkalian Matriks Di Excel Terbaru Untuk Versi 2010 2013 2016 Dan Office 365

Setelah enter ditekan, maka hasil perkalian matriks dengan skalar excel akan ditampilkan seperti gambar dibawah:

Hasil Penerapan Matriks dalam Microsoft Excel Antara Matriks 3x3 Dengan 3x3
Hasil Penerapan Matriks dalam Microsoft Excel Antara Matriks 3×3 Dengan 3×3

2. Perkalian Matriks di Excel Ukuran Sembarang

Lalu bagaimana kalau ingin mengalikan matriks sembarang dengan ukuran besar, misal 4×4 dengan 4×4? atau ukuran 4×5 dengan 5×8? Nah, caranya tetap sama kok. Kalian tinggal buat matriks 1, kemudian buat lagi matriks2. Selanjutnya buat matriks hasil perkaliannya. Langkah terakhir yaitu memasukkan rumus =MMULT(matriks1;matriks2) lalu tekan enter. Viola, hasil perkalian akan otomatis ditampilkan pada layar.

Hasil Kali Matrx Sembarang Antara Matrik 4x4 Dengan 4x5
Hasil Kali Matrx Sembarang Antara Matrik 4×4 Dengan 4×5

Pada bahasan berikutnya, admin akan membahas cara mudah invers matriks di excel, penjumlahan matriks di excel, serta cara transpose matriks di excel. Karenanya stay tune di website aquatoyou.com yah.

Kiranya cukup sekian bahasan admin mengenai cara perkalian matriks di Excel dengan mudah. Jika ada pertanyaan, teman teman bisa meninggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.