Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Contoh Surat Keterangan Kerja

2 min read

contoh surat keterangan kerja

Surat Keterangan Kerja saat ini banyak dibutuhkan. Biasanya SKK ini dibuat oleh karyawan yang terikat kontrak kerja di sebuah perusahaan. Selain itu, beberapa perusahaan multi nasional juga mewajibkan pendaftar kerja untuk menyertakan surat tersebut. Melalui artikel ini, admin akan menyertakan contoh Surat Keterangan Kerja karyawan yang baik dan benar (menurut admin).

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang Surat Kerja ini, admin ada info menarik nih. Buat kalian yang ingin tahu Cara Mudah Membuat Kop Surat di Ms. Word, bisa langsung klik link di bawah ini.

Baca Juga: Tutorial Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Mengenal Surat Keterangan Kerja

Jika kamu merupakan job seeker, Surat Keterangan Kerja sangat penting untuk membuktikan bahwa kamu bekerja di institusi tersebut. Dengan telah bekerja di perusahaan besar, maka kamu akan mendapat poin tambah.

Selain itu, di masa PSBB seperti sekarang ini, penggunaan Surat Keterangan Kerja dibutuhkan untuk mempermudah akses bepergian. Terlebih lagi jika kamu bekerja di tempat yang mewajibkan bepergian jauh. Contoh surat keterangan kerja untuk PSBB akan admin bahas di bawah ini.

Jika kalian ingin mendaftar kredit dari bank atau pinjaman tertentu, biasa memerlukan SKK juga. Terlebih jika pinjaman yang kamu ajukan terbilang besar.

A. Apa yang Harus Ada di Surat Kerja?

Hal yang harus ada di Surat Kerja sendiri meliputi identitas kita dan identitas perusahaan tempat bekerja. Identitas diri minimal harus menyebutkan nama lengkap, nomor KTP, serta alamat tempat tinggal. Untuk identitas perusahaan, minimal menyertakan nama perusahaan, alamat, serta nomor yang bisa dihubungi.

Berikut beberapa poin yang perlu kamu sebutkan di dalam surat keterangan kerja:

  • Kop Surat
  • Kepala Surat (nomor surat, perihal)
  • Identitas Diri
  • Identitas Perusahaan
  • Pengesahan

B. Download Contoh Surat Keterangan Kerja

DI poin identitas perusahaan, sebaiknya kamu tuliskan secara lengkap. Misal kamu membuat surat keterangan kerja PNS, maka kamu harus menuliskan bekerja di institusi apa, alamat lengkapnya dimana, siapa koordinator (atasan), dll.

Untuk memastikan keaslian surat tersebut, kamu perlu mencantumkan pengesahan berupa tanda tangan atau stempel perusahaan di dalam surat tersebut.

Bagaimana? Jika masih belum faham, berikut admin sertakan 3 contoh surat keterangan kerja untuk KPR, Visa, NPWP, dll yang dapat kamu download secara gratis.

1. Contoh Surat Keterangan Kerja Indomart

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Karyawan Indomart
Contoh Surat Keterangan Kerja Word Untuk Karyawan Indomart

Untuk contoh pertama, biasa digunakan oleh karyawan dari koperasi atau perusahaan retail, seperti Indomart, Alfamart, Superindo, Giant, dan lain lain. Sesuai dengan gambar di atas, format penulisannya terbilang sangat formal. Pastikan kamu menuliskan kop surat, data penanggung jawab (HRD) dalam contoh surat keterangan kerja koperasi atau pegawai kalian.

2. Contoh SKK untuk Karyawan Honda

Template Skk Untuk Karyawan Ahm Honda
Template Skk Untuk Karyawan Ahm Honda

Jika teman teman bekerja di sekitar perusahaan kendaraan bermotor, biasanya penulisan SKK tidak terlalu baku. Sesuai dengan gambar di atas, poin poin yang perlu kamu perhatikan ialah menyertakan data diri dan tanda tangan pengesahan.

3. Contoh SKK untuk Karyawan Honda

Download Contoh Surat Kerja Di Telkomsel
Download Contoh Surat Kerja Di Telkomsel

Di contoh surat keterangan profesi berikutnya, biasa digunakan oleh pegawai di bidang teknologi, seperti Telkomsel, Indosat, XL, Indihome, atau yang lainnya. Penulisannya terbilang tidak terlalu baku, namun menyertakan data institusi tempat bekerja dengan lengkap.

Jika kamu ingin membuat surat keterangan pengalaman kerja, tak perlu khawatir. Isi dari surat tersebut hampir sama dengan contoh yang telah admin berikan di atas kok. Yang pasti, kamu harus mengubah judul surat dari “Surat Keterangan Kerja” menjadi “Surat Pengalaman Kerja”. Untuk isi dari surat tersebut, jangan lupa diperhatikan juga yah.

Baca Juga: Cara Mudah Menggabungkan Gambar di Microsoft Word

Sekian bahasan admin mengenai contoh surat keterangan kerja guru, pegawai, dll. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Dan seperti biasa, semoga dapat menambah pengetahuan teman teman.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.