Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Cara Ngeprint Excel

2 min read

Tutorial Bagaimana Cara Ngeprint Excel Termudah Untuk Semua Versi (2010, 2013, 2016) + Gambarnya

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan. Selain karena sangat user friendly, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk segala kebutuhan dengan berbagai ukuran. Mulai dari ukuran kertas yang paling kecil (nota, brosur, amplop, kwitansi), hingga yang besar (dokumen, rekap pemasukan, pengeluaran, dll). Di artikel ini admin akan membahas bagaimana cara ngeprint Excel dengan mudah.

Sebelum membahas lebih jauh tentang tutorial kali ini, ada info menarik nih. Buat kalian yang ingin tau cara mengubah angka menjadi huruf (terbilang) secara otomatis, bisa cek pada link di bawah ini.

Baca Juga: Tutorial Membuat Angka dan Terbilang Secara Otomatis di Excel

Cara Ngrprint Excel

Di Microsoft Word, ketika kita mencetak dokumen, maka seluruh lembar kerja akan di print. Lain halnya jika kita mencetak menggunakan Ms. Excel. Banyaknya kolom ke samping membuat bingung sebagian orang.

Sebenarnya Microsoft Excel menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan pengguna. Misalkan untuk mencetak satu tabel saja, atau bahkan sesuai ukuran kertas seperti pada Ms. Word.

A. Cara Mencetak Dokumen

Mencetak dokumen di Microsoft Excel sangatlah mudah, berikut tutorial bagaimana cara ngeprint dokumen di Excel:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Buatlah tabel yang akan di print
  3. Tekan Ctrl + P secara bersamaan (atau bisa klik File lalu klik Print)
  4. Selanjutnya pilih printer yang digunakan
  5. Lalu klik Print

Untuk cara ngeprint excel landscape, bisa teman teman ubah di bagian Potrait Orientation pada Setting sebelum langkah 5 diatas yah.

Kalau untuk cara print excel per page, bisa teman teman isi kolom Pages dan To pada Setting sebelum langkah ke 5 di atas yah.

Khusus untuk cara print excel dengan kolom dan baris, kalian bisa mengaktifkan border pada tabel yang ingin ditambahkan garis garisnya.

B. Tips Agar Hasil Cetakan Lebih Rapi

Ada berbagai tips yang bisa kamu gunakan agar hasil cetakan bisa rapi. Sebenarnya tips ini lebih ke saran teknis sih ya. Walaupun terkesan sepele, namun tidak sedikit yang mengabaikan tips ini. Berikut beberapa tips yang bisa admin share buat kalian:

  1. Pastikan meletakkan kertas dengan benar di printer. Biasakan untuk mengatur tuas input pada printer sesuai dengan ukuran kertas yah.
  2. Pastikan sudah mengatur ukuran kertas di aplikasi Microsoft Excel. Kamu bisa mengubah kertas melalui Page Layout lalu klik Size. Selanjutnya pilih ukuran kertas yang kamu inginkan, misal: A4, A5, F4, dll.
  3. Mafaatkan print preview. Sebelum mencetak dokumen, pastikan hasil print preview sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan.
  4. Jika tips pertama, kedua, dan ketiga sudah kamu lakukan, namun hasil print tetap jelek (dalam artian tidak sesuai dengan print preview), kamu bisa convert ke pdf terlebih dahulu. Setelah itu, cetak dokumen melalui file pdf tersebut.
  5. Pastikan telah memberikan border pada tabel yang kamu inginkan. Untuk cara print excel agar garis tidak hilang sendiri bisa klik pada Home lalu pilih All Border. Secara default, Microsoft Excel hanya memberi garis garis saja. Namun saat dicetak, garis garis tadi tidak akan ikut tercetak. Karenanya kamu perlu menambahkan garis (border) secara manual.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis Garis di Microsoft Excel

Menurut pengalaman admin waktu kuliah dulu, ada beberapa merk printer jadul yang kadang suka ngaco. Tiba tiba ukuran kertas atau font tulisannya mendadak berubah. Solusinya bisa langsung export ke pdf terlebih dahulu. Baru kemudian di cetak menggunakan aplikasi pdf viewer.

C. Cara Ngeprint Excel Bolak Balik

Mau mencetak dokumen bolak balik dari Microsoft Excel? Caranya cukup mudah. Berikut tutorial cara ngeprint Excel bolak balik:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Siapkan tabel yang akan dicetak
  3. Pilih Print on Both Sides pada bagian Setting
  4. Pilih Flip sheets on long edge or Print on Both Sides
  5. Lalu tekan Flip sheets on long edge
  6. Langkah terakhir, tekan Print
  7. Pastikan untuk membalik kertas, setelah ada window notifikasi dari printer yang kalian gunakan

D. Cara Mencetak Dokumen Excel yang di Blok

Jika kalian memiliki banyak tabel, dan hanya ingin mencetak beberapa data saja, kalian bisa menggunakan cara ini. Untuk mencetak hanya beberapa baris tabel, kita bisa memanfaatkan cara ngeprint excel yang di blok berikut:

  1. Blok tabel yang akan di cetak.
  2. Klik Page Layout pada Menu Bar
  3. Lalu klik Print Area, kemudian pilih Set Print Area
  4. Selanjutnya tekan Page Layout kemudian pilih ukuran kertas yang sesuai.
  5. Klik Print Preview
  6. Selanjutnya tekan Print
Cara Ngeprint Excel Yang Di Blok Pada Baris Dan Kolom Tertentu
Cara Ngeprint Excel Yang Di Blok Pada Baris Dan Kolom Tertentu

Bagaimana? cukup mudah bukan? Jika ada pertanyaan mengenai tutorial cara mencetak dokumen di Microsoft Excel ini, bisa langsung ditulis pada kolom komentar.

Baca Juga: Cara Membuat Pangkat di Ms. Excel dengan Mudah

Sekian bahasan admin mengenai cara print Excel 2007, 2010, 2013, dan 2016. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.