Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Cara Menggunakan CountIF

2 min read

Tutorial Bagaimana Cara Menggunakan Countif Dan Sumif Di Microsoft Excel

CountIF dan SumIF merupakan rumus yang banyak digunakan. Karena itu, admin akan mengulas bagaimana cara menggunakan CountIF dan SumIF serta beberapa contoh rumus dan penerapannya. Baik dalam satu sheet ataupun beda sheet.

Namun sebelum membahas tentang rumus Excel tersebut, admin ada info menarik nih. Buat kalian yang ingin tahu bagaimana cara menghilangkan garis di Ms. Excel, bisa langsung cek pada link di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis di Microsoft Excel

Manfaat & Cara Menggunakan CountIF dan SumIF

Walaupun memiliki fungsi yang berbeda, CountIF dan SumIF memiliki sedikit persamaan. Kesamaan dua rumus tersebut berada pada akhiran IF. Dimana kedua rumus tersebut hanya akan berjalan sesuai dengan kriteria yang dimasukkan oleh pengguna.

Secara umum, rumus Count berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang sudah terisi. Namun untuk rumus CountIF sendiri, hanya akan menghitung jumlah sel pada Microsoft Excel yang memenuhi persyaratan.

Sedangkan untuk rumus Sum sendiri memiliki fungsi untuk menjumlahkan nilai yang ada pada suatu sel. Untuk rumus SumIF sendiri berarti sistem hanya akan menjumlahkan sel pada Ms. Excel yang memenuhi kriteria yang dimasukkan pengguna.

A. Cara Menggunakan CountIF

Dalam dunia pendidikan, terutama di data rapor siswa, rumus CountIF banyak digunakan. Bisanya CountIF digunakan untuk menghitung jumlah siswa yang nilainya berada di atas KKM, ataupun yang berada di bawahnya.

Selain itu, CountIF juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah karakter tertentu di excel. Misal kita ingin menghitung huruf A di semua sel.

Sebenarnya selain CountIF, ada pula rumus lain yang sangat mirip, yaitu CountIFS. Perbedaan CountIF dan CountIFS ialah pada kriteria yang dibuat. Pada CountIF, kita cuma bisa memberikan satu kriteria saja. Sedangkan pada CountIFS, kita bisa membuat banyak kriteria.

Selain Count dan CountIF, adapula rumus CountA dan CountBlank. CountA dan CountBlank merupakan rumus excel menghitung jumlah cell yang terisi.

1. Penggunaan dalam Satu Sheet

Untuk menerapkan rumus COUNTIF dalam satu sheet, caranya terbilang cukup mudah. Berikut rumus countif dengan kriteria tanggal yang perlu kamu fahami:

Rumus : =COUNTIF(Range; Kriteria)

Note:

  • Pastikan mengawali rumus dengan tanda sama dengan (=)
  • Range: Merupakan referensi sel yang akan dihitung
  • Kriteria: Merupakan kriteria/syarat sel yang akan dihitung. Ketika sel tidak memenuhi syarat tersebut, maka akan diabaikan.

Berikut tutorial cara menggunakan CountIF di Micrtosoft Excel:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Masukkan data data yang ingin dibuat dalam satu sheet (contoh: membuat daftar nilai Matematika)
  3. Tambahkan baris “jumlah siswa tidak lulus”, dan “jumlah siswa lulus”
  4. Masukkan rumus CountIF [tidak lulus: =COUNTIF(C3:C12;”<=75″)], atau [lulus: =COUNTIF(C3:C12;”>75″)]
  5. Selesai
Tutorial Bagaimana Cara Menggunakan Countif Di Microsoft Excel
Tutorial Bagaimana Cara Menggunakan Countif Di Microsoft Excel

2. Penggunaan Beda Sheet

Rumus COUNTIF tetap bisa digunakan walaupun berada di sheet yang berbeda. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan nama sheet di depan range yang akan dihitung. Sehingga, rumus CountIF beda sheet di Microsoft Excel akan seperti berikut ini:

Rumus : =COUNTIF(NamaSheet!Range; Kriteria)

Note:

  • Pastikan mengawali rumus dengan tanda sama dengan (=)
  • NamaSheet: Khusus untuk rumus beda sheet, kamu perlu menambahkan nama sheet sebelum penulisan range sel. Nama Sheet ada di bagian bawah cell yah.
  • Patikan mengakhiri NamaSheet dengan tanda seru (!)

Berikut tutorial cara menggunakan CountIF beda Sheet di Microsoft Excel:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel
  2. Masukkan data data yang ingin dibuat dalam satu sheet1 (contoh: membuat daftar nilai Matematika)
  3. Pada sheet2, tambahkan baris “jumlah siswa tidak lulus”, dan “jumlah siswa lulus”
  4. Masukkan rumus CountIF [tidak lulus: =COUNTIF(C3:C12;”<=75″)], atau [lulus: =COUNTIF(C3:C12;”>75″)]
  5. Selesai
Cara Menerapkan Rumus Countif Beda Sheet Di Microsoft Excel
Cara Menerapkan Rumus Countif Beda Sheet Di Microsoft Excel

B. Rumus SumIF

Dalam dunia bisnis, terutama di data supplier, rumus SumIF banyak digunakan. Bisanya SumIF digunakan untuk menghitung total barang yang dikirim oleh satu supplier. Sedangkan dalam tabel tersebut, terdapat banyak supplier.

Untuk cara menjumlahkan data yang sama di excel, kita bisa memanfaatkan rumus SumIF ini. Sedangkan jika ingin menjumlahkan data dengan banyak kriteria, kita bisa menggunakan rumus SumIFS.

Berikut rumus SumIF yang biasa digunakan dalam Microsoft Excel:

Rumus: =SUMIF(Range; Kriteria)

Jika ingin menerapkan SumIF beda sheet, maka kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Rumus: =SUMIF(Sheet1!Range; Kriteria)

Sekian bahasan admin mengenai cara menggunakan CountIF. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, bisa langsung ditulis pada kolom komentar.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.