Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Cara Menggabungkan Gambar di Word

2 min read

Cara Menggabungkan Gambar Di Aplikasi Microsoft Word 2010, 2013, 2016, Dan Office 365 Paling Mudah

Pernahkah kalian ingin menyatukan dua atau lebih gambar di Microsoft Word? Jika iya, teman teman berada di website yang tepat. Di artikel kali ini, admin akan mengulas bagaimana cara menggabungkan gambar di Word 2010, 2013, dan 2016.

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang tutorial ini, admin ada info menarik nih. Buat kalian yang ingin tahu bagaimana cara membuat format judul dan sub judul, bisa langsung klik link di bawah ini:

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Judul dan Sub Judul di Ms. Word

Cara Menggabungkan Gambar di Word

Untuk menggabungkan beberapa gambar, kita bisa memanfaatkan fitur groupping pada Microsoft Word. Seperti namanya, fitur groupping sangat berguna untuk menyatukan dua atau lebih objek. Menariknya, selain gambar, kita juga bisa menggabungkan objek lainnya seperti simbol, ikon atau pun clip art.

Contoh penerapan fitur ini biasanya digunakan untuk menggabungkan tanda tangan serta stempel. Untuk cara menggabungkan tanda tangan dan stempel di ms word sendiri, teman teman bisa mengikuti langkah langkah di bawah yah. Adapun untuk cara menggabungkan cap dan tanda tangan, juga bisa menggunakan turotial di bawah kok.

A. Mengapa Fitur Groupping Tidak Bisa Di Klik?

Yang perlu teman teman ketahui, fitur groupping ini tidak bisa digunakan untuk format In Line with Text. Sedangkan Ms. Word sendiri menerapkan format ini sebagai default nya. Ketika kita memasukkan gambar di aplikasi Word, maka secara otomatis, format yang diberikan oleh sistem ke gambar tadi ialah In Line with Text.

Cara Mengatasi Fitur Group Di Microsoft Word Tidak Bisa Diklik
Cara Mengatasi Fitur Group Di Microsoft Word Tidak Bisa Diklik

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur groupping pada Microsoft Word? Jawabannya yaitu dengan mengubah format Wrap Text gambar, menjadi Selain In Line with Text.

Microsoft Word menyediakan 7 format Wrap Text. Berikut daftar format wrap text di Aplikasi Word:

  • In Line with Text (default)
  • Square
  • Tight (biasa digunakan untuk cara menyatukan gambar dengan teks)
  • Trough
  • Top and Buttom
  • Behind Text
  • In Front of Text

Cara Mengubah Format Wrap Text

Berikut tutorial cara mengubah format wrap text di Microsoft Word:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word
  2. Masukkan gambar ke halaman kerja
  3. Selanjutnya klik 2 kali (double click) pada gambar tersebut
  4. Pilih Wrap Text lalu ubah format menjadi selain In Line with Text (misalnya menjadi Square)
Cara Merubah Format Wrap Text Dari In Line With Text Menjadi Yang Lain
Cara Merubah Format Wrap Text Dari In Line With Text Menjadi Yang Lain

Setelah mengubah format wrap text, baru kita bisa menggabungkan dua gambar atau lebih menggunakan fitur Groupping. Tapi sebelum itu, teman teman sudah harus menata gambar terlebih dahulu yah.

Cara menata banyak gambar di word sendiri, kita bisa memanfaatkan fitur Bring to Front atau Bring to Back untuk memajukan atau memundurkan gambar. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu klik gambar, lalu klik kanan, kemudian pilih Bring to Front atau Bring to Back.

B. Menggabungkan Gambar di Word Menggunakan Groupping

Jika teman teman sudah mengubah format wrap text, maka fitur groupping baru bisa digunakan. Berikut tutorial cara menggabungkan gambar di Word menggunakan firut groupping:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Masukkan dua atau lebih gambar ke halaman kerja Ms. Word.
  3. Lalu ubah format wrap text menjadi Selain In Line with Text.
  4. Kemudian urutkan gambar terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya klik kiri gambar pertama, lalu tekan dan tahan tombol CTRL di keyboard, kemudian klik kiri gambar lain yang akan disatukan.
  6. Setelah itu lepas tombol CTRL, lalu klik kanan gambar.
  7. Selanjutnya pilih Group, lalu tekan Group.
  8. Selesai.
Cara Menggabungkan Gambar Di Word 2010 2013 2016 Dengan Mudah
Cara Menggabungkan Gambar Di Word 2013, 2010, 2016 Dengan Mudah

Baca Juga: Cara Menambahkan Gambar Background di Microsoft Word

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Jika ada pertanyaan mengenai tutorial menyatukan dua atau lebih gambar di Ms. Word ini, teman teman bisa langsung bertanya melalui kolom komentar.

Sekian bahasan admin tentang tutorial cara menggabungkan gambar di word 2016 dengan mudah. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.