Sebenarnya cara membuat tabel di Excel itu sangat mudah. Namun tidak sedikit yang belum mengetahuinya, terlebih para pemula. Itulah alasan kenapa di artikel ini akan dibahas bagaimana membuat tabel di Excel.

Tidak sedikit pemula yang heran saat tampilan Excel mempunyai kolom dan baris seperti tabel. Namun sayangnya, saat diprint ternyata garis dan kolom tidak tercetak. Di sinilah Anda harus membuat tabel agar tabel tidak hilang saat diprint. Cek tutorialnya berikut.

Sebelum membahas cara membuat tabel lebih lanjut, ada informasi menarik lainnya nih. Simak pada link di bawah ini yah:

Baca Juga: Cara Ngeprint Excel Termudah

Cara Membuat Tabel di Excel 2010, 2007, 2013 Paling Mudah

Bagi yang ingin membuat tabel di Excel, ada beberapa metode yang bisa digunakan. Anda cukup memilih mana yang paling mudah saja. Selain itu, meskipun menggunakan versi Excel yang berbeda, cara membuat tabel setiap versi juga hampir sama.

Yang membedakan hanya tampilan Excel-nya saja. Jadi, Anda cukup menyesuaikan dengan versi serta situasi saja. Berikut beberapa cara yang dimaksud:

1. Menggunakan Menu Insert Table

Cara membuat tabel di Excel pertama adalah lewat menu Insert Table. Cara ini menjadi rekomendasi terbaik karena lebih mudah dan paling sering digunakan. Untuk tutorialnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Word Excel di perangkat terlebih dahulu.
  2. Blok kotak yang ingin dijadikan tabel di lembar kerja.
  3. Kemudian, cari menu Insert dan pilih “Table”.
  4. Berikutnya akan muncul Option Box untuk membuat tabel. Klik saja “OK”untuk melanjutkan.
  5. Jika data yang ingin dibuat mempunyai judul kolom, di menu Option Box sebelumnya, Anda bisa mencentang My Table Has Headers. Jika tidak dicentang, otomatis judul kolomnya adalah Column 1, Column 2 dan seterusnya.

2. Menggunakan Menu Format as Table

Cara membuat tabel di Excel 2007 ini juga bisa menjadi rekomendasi bagi yang kesulitan dengan cara sebelumnya. Sebenarnya, cara ini bukan hanya untuk membuat tabel saja. Namun bisa digunakan untuk mendesain tabel yang keren. Tutorialnya juga tidak ribet. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sama dengan sebelumnya, buka dulu Microsoft Excel di perangkat masing-masing.
  2. Setelah itu, blok kotak yang ingin di ubah menjadi tabel.
  3. Berikutnya, pilih menu “Home” dan kemudian pilih “Format as Table”. Di sinilah, Anda bisa menentukan beragam desain yang cocok untuk di terapkan di tabel yang ingin anda buat. Pilih saja salah satu desain dengan mengklik desain tersebut.
  4. Selanjutnya akan muncul menu Option Box untuk pembuatan tabel yang di butuhkan. Apabila data yang ingin di buat memiliki judul kolom, di bagian Option Box, centang My Table Has Headers. Berikutnya tinggal pilih “OK”untuk melanjutkan.
  5. Sama dengan sebelumnya, jika bagian ini tidak di centang, maka judul kolom yang di buat menjadi Column 1, Column 2 dan seterusnya.

3. Menggunakan Menu Border

Cara Membuat Tabel di Excel 2013 bisa dengan menggunakan menu border. Hampir sama dengan sebelumnya, cara ini juga sangat mudah untuk diikuti, bahkan untuk pemula yang baru belajar sekalipun. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka dulu aplikasi Microsoft Excel di perangkat PC masing-masing.
  • Blok beberapa kotak di lembar kerja yang ingin di jadikan sebagai tabel.
  • Berikutnya, Anda cukup mencari menu Home dan kemudian pilih “Bottom Border”. Selanjutnya tinggal klik saja “All Borders”.
  • Secara otomatis, tabel yang anda inginkan akan muncul dengan sendirinya.

Dari tiga cara yang sudah di sebutkan, cara ketiga ini adalah yang paling banyak di gunakan. Selain lebih simpel dan mudah, pembuatan tabel dengan cara ini tidak memakan banyak waktu.

Cara Membuat Tabel di Excel di HP Android

Karena perkembangannya, Excel sekarang sudah bisa di operasikan di HP Android. Cara untuk membuat tabel di Excel dari HP Android tidaklah sulit. Ikuti langkah berikut:

  • Pastikan aplikasi Excel sudah di download di Play Store.
  • Buka aplikasinya dan pilih “Buku Kerja Kosong”.
  • Setelah membuat folder Excel terbaru, tekan tanda panah atas di pojok kanan bawah.
  • Kemudian pilih “Beranda”untuk mencari menu lainnya.
  • Pilih “Sisipkan” dan kemudian klik “Table” di menu kerja paling atas.
  • Pindahkan kursor untuk menentukan ukuran tabel sesuai keinginan.

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat tabel di Excel. Sangat mudah dan praktis, bukan? Anda bisa menerapkan cara membuat tabel tersebut sesuai dengan versi Excel yang di gunakan.

Tagged in:
, , ,

About the Author

Nurin Maula

Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

View All Articles