Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.

Cara Membuat Flowchart

2 min read

Tutorial Cara Membuat Flowchart Dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word, Excel, Dan Online

Merancang aplikasi tentunya tak lepas dari tahap pembuatan flowchart. Secara sederhana, flowchart atau yang biasa dikenal dengan diagram alir ini merupakan gambaran jalannya aplikasi. Apa sih definisi flowchart itu? lalu bagaimana cara mudah membuat diagram alir? Melalui artikel ini, admin akan mengulas, bagaimana cara membuat flowchart dengan mudah menggunakan aplikasi Microsoft Excel, Microsoft Word, serta secara online.

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang diagram alir ini, admin punya info menarik nih. Buat kalian yang ingin tahu bagaimana cara membuat Surat Keterangan Kerja, bisa langsung cek pada link di bawah ini yah.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Keterangan Kerja untuk Karyawan

Cara Membuat Flowchart SOP

Diagram Alir (flowchart) merupakan hal penting dalam pembuatan aplikasi. Diagram alir berisi simbol tertentu yang saling terhubung. Diagram alir tersebut menggambarkan bagaimana sebuah sistem dapat berjalan. Mulai dari awal aplikasi dibuka, hingga nantinya aplikasi itu ditutup.

Flowchart bertujuan untuk mempermudah analisis program, serta memahami jalannya aplikasi. Jadi pengembang aplikasi berikutnya tidak kesulitan lagi ketika memahami aplikasi buatan kita.

Untuk membuat flowchart, aplikasi yang paling sering digunakan ialah Microsoft Visio. Menurut admin, cara membuat flowchart dengan Visio terbilang agak rumit. Admin sendiri biasa menggunakan tool online untuk pembuatan flowchart. Selain karena “gratis”, juga karena tampilannya yang user frindly. Untuk saat ini, sudah banyak website yang menyediakan workspace untuk membuat flowchart secara cuma cuma.

Selain menggunakan tool online, dan Microsoft Visio, kita juga bisa menggunakan aplikasi lainnya. Untuk pembuatan flowchart sederhana, kita bisa memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel dan Microsoft Word. Namun untuk membuat diagram alir yang kompleks, kita tetap membutuhkan Microsoft Visio ataupun tool online.

A. Mengenal Simbol Diagram Alir

Simbol Diagram Alir Yang Paling Sering Digunakan
Simbol Diagram Alir Yang Paling Sering Digunakan

Terdapat banyak simbol untuk menggambarkan proses jalannya aplikasi dalam diagram alir. Berikut 15 simbol diagram alir yang paling sering digunakan:

  1. Terminator
  2. Decision
  3. Process
  4. Document
  5. Multiple Documents
  6. Data Storage
  7. Internal Storage
  8. Tape Data
  9. Database
  10. Input / Output
  11. Display
  12. Manual Operation
  13. Merge
  14. Manual Input
  15. Connector

B. Menggunakan Microsoft Excel

Untuk membuat diagram alir sederhana, teman teman bisa menggunakan Microsoft Excel dalam pembuatan diagram alir. Berikut tutorial cara membuat flowchart di Excel:

  1. Buka aplikasi microsoft excel
  2. Tekan menu Insert lalu pilih Symbol
  3. Klik symbol yang sesuai dengan keinginan
  4. Lalu gambar dengan cara drag (klik kiri lalu tahan) untuk menyesuaikan ukuran symbol
  5. Lakukan seperti poin ke dua untuk membuat symbol lainnya.

Berikut contoh flowchart dalam kehidupan sehari hari yang dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Contoh Cara Membuat Flowchart Menggunakan Microsoft Excel
Contoh Cara Membuat Flowchart Menggunakan Microsoft Excel

C. Dengan Micorosft Word

Selain menggunakan Microsoft Excel, kamu juga bisa menggunakan Ms. Word. Cara membuat flowchart di Word sendiri tak jauh beda dengan Excel, yaitu memanfaatkan symbol yang ada. Berikut langkah langkah membuat diagram alir menggunakan Microsoft Word:

  1. Buka aplikasi microsoft excel
  2. Tekan menu Insert lalu pilih Symbol
  3. Klik symbol yang sesuai dengan keinginan
  4. Lalu gambar dengan cara drag (klik kiri lalu tahan) untuk menyesuaikan ukuran symbol
  5. Lakukan seperti poin ke dua untuk membuat symbol lainnya.
  6. Tentukan warna sesuai yang kamu inginkan

Berikut contoh flowchart penjualan yang dibuat menggunakan aplikasi Ms. Word:

Contoh Flowchart Dan Penjelasannya
Contoh Flowchart Dan Penjelasannya Menggunakan Microsoft Word

Selain Word dan Excel, sebenarnya kita bisa menggunakan Microsoft Access, ataupun Microsoft Power Point. Untuk cara membuat flowchart di Powerpoint dan Microsoft Access sendiri tak jauh beda dengan tutorial diatas. Kita bisa memanfaatkan symbol yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

D. Cara Membuat Flowchart Online

Jika teman teman ingin membuat flowchart yang lebih kompleks, teman teman bisa memanfaatkan tool online. Skripsi admin sendiri berkaitan dengan pembuatan aplikasi. Dan dalam proses desain aplikasinya, admin menggunakan bantuan tool online. Selain karena gratis, tentu saja karena jauh lebih mudah. Berikut daftar website yang dapat kamu gunakan untuk membuat flowchart online:

  1. https://app.diagrams.net/
  2. https://www.lucidchart.com/pages/examples/flowchart-maker/
  3. https://www.visme.co/flowchart-maker/
  4. https://www.zenflowchart.com/
  5. https://online.visual-paradigm.com/diagrams/features/flowchart-tool/

Dari 5 tool diatas, admin merekomendasikan yang pertama yah. Selain memiliki symbol yang cukup lengkap, juga karena hasilnya bisa di eksport ke berbagai ekstensi.

Baca Juga: Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Excel

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini, bisa langsung ditulis pada kolom komentar yah.

Sekian bahasan admin mengenai Cara Membuat Flowchart menggunakan Excel, Word, dan Online. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa share, dan semoga bermanfaat.

Aswin Setiawan Lulusan S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini menekuni bidang teknologi dan pendidikan.